Butuh Pinjaman Modal? Inilah Jenis Pinjaman Untuk Usaha Kecil

Sedang butuh pinjaman modal? Pinjaman modal merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh industri kecil dengan modal terbatas. Segala bentuk usaha membutuhkan modal. Modal ini kemudian akan dialokasikan ke pos-pos tertentu seperti biaya operasional industri.

Suatu industri dapat digolongkan sebagai industri kecil jika industri tersebut merupakan industri aktif yang mempekerjakan paling banyak 19 (sembilan belas) orang tenaga kerja dan nilai investasinya tidak melebihi Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). Perhitungan investasi ini tidak termasuk tanah dan bangunan untuk digunakan sebagai tempat usaha.


Dari pemahaman tersebut, dapat dikatakan bahwa sebagian besar usaha kecil membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usahanya. Ada banyak alasan yang terkait dengan ini. Namun, bahkan memilih bentuk pinjaman usaha yang tepat untuk industri kecil tidaklah mudah.

Pemilik usaha kecil tidak dapat mengajukan pinjaman secara sembarangan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak bentuk pinjaman usaha yang tersedia.

4 Jenis Pinjaman Modal Usaha

  1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis kredit investasi usaha yang cukup dikenal masyarakat dan pelaku usaha adalah Kredit Usaha Rakyat atau biasa disebut KUR. Sesuai dengan namanya, KUR sebenarnya didirikan oleh pemerintah untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah milik rakyat.

KUR menawarkan berbagai pinjaman usaha, terutama untuk perusahaan yang bergerak di sektor pertanian, perikanan, industri dan kehutanan, serta layanan keuangan simpan pinjam. Dalam program KUR ini, pemerintah bekerjasama dengan beberapa bank umum seperti Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank Bukopin, Bank Syariah Mandiri dan Bank BNI Syariah.

Pinjaman yang diberikan oleh program KUR sampai dengan Rp 500 juta dengan tingkat bunga yang cukup rendah yaitu 7% / tahun atau hanya sekitar 0,58% / bulan dengan jangka waktu 6 tahun atau 72 bulan.

KUR dianggap cocok untuk industri kecil karena persyaratan yang harus dipenuhi selama proses aplikasi tidak berlebihan dan tidak memerlukan waktu verifikasi yang lama. Dokumen yang diperlukan hanya KTP, Akta Pendirian Usaha, SIUP/TDP, Laporan Keuangan Usaha, Proposal Usaha dan beberapa persyaratan lain yang mungkin dipersyaratkan oleh bank.

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan jenis kredit usaha yang memberikan kredit tanpa agunan berupa aset seperti kendaraan, rumah, tanah, surat berharga, dll. Hal inilah yang membuat program KTA begitu diminati oleh para pebisnis.

Di KTA, pinjaman modal diberikan maksimal 200 hingga 300 juta rupiah tergantung syarat dan ketentuan masing-masing bank dan jangka waktu pinjaman bisa sampai 5 tahun atau 60 bulan. Sama seperti KUR, persyaratan pendaftaran KTA juga tidak sulit. Anda hanya perlu membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, SIUP, giro dan kartu kredit.

Namun, kesempatan untuk mendapatkan KTA tidaklah mudah. Peminjam tetap harus memenuhi persyaratan verifikasi BI untuk memastikan tidak ada riwayat jatuh tempo dari kredit sebelumnya. Jadi mengapa KTA dapat dianggap sebagai bentuk pinjaman modal komersial yang cocok untuk industri kecil? Pasalnya, bunga yang harus dibayar tidak mencapai satu persen, yakni sangat terjangkau.

  1. Kredit Modal Kerja (KMK)

Kredit modal kerja atau KMK bertujuan untuk membantu membangun bisnis yang lebih besar. Oleh karena itu, dalam pinjaman ini ada syarat wajib yang harus dipenuhi yaitu lini usaha harus memiliki izin dan beroperasi selama kurang lebih 1 tahun.

KMK dianggap cocok untuk industri kecil karena jangka waktu pinjaman hanya satu tahun tidak dianggap sebagai beban bagi pemilik industri kecil. Selama satu tahun, nilai pencairan kredit sampai dengan 70.000 dari total modal kerja yang dibutuhkan, dengan jaminan dari perusahaan sendiri.

Fakta menarik. Pinjaman ini dapat ditarik berkali-kali setiap saat selama tidak melebihi jumlah yang ditentukan. Persyaratannya masih relatif sederhana yaitu KTP, KK, buku tabungan, SPT dan bukti tanggungan untuk membayar cicilan.

Produk pinjaman juga beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apapun pinjaman bisnis yang Anda pilih untuk industri kecil Anda, ingatlah untuk mengelola bisnis atau keuangan Anda dengan baik. P2P Lending Legal di Akseleran juga mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tentunya terjamin aman dan diawasi oleh OJK.

Deskripsi : butuh pinjaman modal? Anda bisa memilih beberapa jenis pinjaman modal yang cocok dengan kondisi keuangan dan kebutuhan bisnis.

Butuh Pinjaman Modal? Inilah Jenis Pinjaman Untuk Usaha Kecil Butuh Pinjaman Modal? Inilah Jenis Pinjaman Untuk Usaha Kecil Reviewed by Admin on 17.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.